Universitas Djuanda (UNIDA) kini miliki Fakultas Ilmu Komputer, sehubungan dengan itu, UNIDA melantik Dekan, Wakil Dekan Akademik, Wakil Dekan Non Akademik, Ketua Program Studi, hingga Kepala Tata Usaha Fakultas Ilmu Komputer pada Senin (04/09/2023) di Aula Gedung C, Kampus UNIDA.

 

Turut hadir dalam pelantikan ini, diantaranya Chancellor UNIDA Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H, Direktur Eksekutif Yayasan Pendidikan Amaliah Djuanda Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I, Rektor UNIDA Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D beserta para Wakil Rektor, para Dekan, Wakil Dekan, Ketua Program Studi, serta para pimpinan Lembaga dan Unit Kerja di lingkungan UNIDA.

 

Adapun para pejabat struktural yang dilantik adalah sebagai berikut:

  1. Dr. (Cand) Ir. Himmatul Miftah, M.Si sebagai Dekan Fakultas Ilmu Komputer merangkap Kepala Sekolah Vokasi
  2. Muhammad Encep, S.Kom., MTI., MTA sebagai Wakil Dekan Akademik merangkap Ketua Program Studi Ilmu Komputer pada Fakultas Ilmu Komputer merangkap Plt. Wakil Kepala Sekolah Akademik pada Sekolah Vokasi
  3. Gugun Gunadi, S.Pd.I., M.Pd sebagai Wakil Dekan Non Akademik pada Fakultas Ilmu Komputer merangkap Plt. Wakil Kepala Sekolah Non Akademik pada Sekolah Vokasi
  4. Tiara Amanda Lestari, S.TP., M.TP sebagai Kepala Tata Usaha pada Fakultas Ilmu Komputer merangkap Kepala Tata Usaha pada Sekolah Vokasi

 

Dalam kesempatan ini, Rektor UNIDA Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D menyampaikan, walaupun baru menginjak tahun kedua, Program Studi Ilmu Komputer cukup diminati. Hal ini ditandai dengan jumlah pendaftar mahasiswa baru di Program Studi Ilmu Komputer yang terus meningkat.

 

Tingginya minat terhadap Program Studi Ilmu Komputer juga dikarenakan saat ini peluang prospek karir pada bidang ilmu komputer sangat terbuka luas. Era revolusi industri 4.0 menuju era Society 5.0 mendorong perkembangan dan peningkatan digitalisasi dalam segala aspek kehidupan. Oleh karena itu, kemampuan menguasai bidang ilmu komputer saat ini sudah tidak bisa ditawar.

 

“Memang walaupun baru usia 2 tahun, alhamdulillah mahasiswa Prodi Ilmu Komputer ini sudah banyak, sehingga sudah seharusnya dibuat menjadi satu fakultas untuk memenuhi dan menunjang proses pembelajaran yang lebih terfokus, yang pasti ke depannya akan lebih dikembangkan. Kita ketahui juga saat ini eranya GenZ, artinya yang belum lahir, yang sejak masih dalam kandungan sudah mengenal komputer oleh orang tuanya,” tutur Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D pada saat memberikan sambutan.

 

Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D juga berpesan kepada para pejabat struktural Fakultas Ilmu Komputer yang baru dilantik agar dapat terus meningkatkan Fakultas Ilmu Komputer dengan mengikuti perkembangan zaman.

 

“Fakultas Ilmu Komputer ini akan menjadi icon bagi UNIDA, menjadi daya tarik bagi masyarakat luas untuk melanjutkan pendidikan tingginya di Kampus Bertauhid ini. Semoga Bapak dan Ibu amanah menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, kita bersama-sama membangun UNIDA menjadi universitas yang unggul. Bismillah,” pungkas Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D.

 

Sementara itu, Chancellor UNIDA Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H dalam arahannya menuturkan bahwa Fakultas Ilmu Komputer perlu didirikan melihat dari kebutuhan dan perkembangan saat ini. Selain itu, hal ini juga sesuai dengan amanat Majelis Tinggi Universitas (MTU), yakni melakukan ‘migrasi’ dari Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM), terpisah dengan menjadi fakultas tersendiri.

 

Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H mengatakan, nantinya Fakultas Ilmu Komputer akan berada di Gedung I, berdekatan dengan Sekolah Vokasi yang saat ini terus dibangun dan dipercantik agar lebih nyaman dalam proses perkuliahan.

 

“Selamat dan semangat berjuang, mari kita kerja bersama. Dari kita, oleh kita, dan untuk kita. Buktikan tahun depan ilmu komputer sudah bisa menjadi fakultas terbaik. Mudah-mudahan apa yang disampaikan menjadi pencerah, untuk kita bisa bersama-sama meraih target kita menjadi universitas unggul,” tutur Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H.